Awasi Penjualan Rokok Elektrik, Kementerian Perdagangan Segera Terbitkan Permendag

By on 04/11/2017

Ilustrasi.

Jakarta, KABARWAJO.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal segera menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait pengawasan dengan ketat penjualan rokok elektrik (vape).

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan Permendag tersebut telah selesai disusun dan rencananya ditetapkan pada Senin (6/11/2017).

“Senin keluar. Saya sudah siap mengeluarkan, pokoknya Senin keluar,” kata Mendag, Sabtu (4/11/2017), dikutip dari kumparan.com.

Menurut Enggartiasto, selama ini rokok elektrik yang lebih dikenal dengan nama vape tersebut bebas diperjualbelikan tanpa pengecekan zat yang dikandungnya. Permendag tersebut dikeluarkan sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen.

“Permendag mengatur rokok elektrik yang akan diedarkan wajib memiliki rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendapatkan label Standar Nasional Indonesia (SNI). Setelahnya rokok itu diujicoba di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk melihat ini sehat atau tidak. Yang menentukan sehat atau tidak kan BPOM,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kemenkominfo Ingatkan Penyebaran Berita Hoaks Jelang Tahun Politik

Selain pengawasan ketat terhadap penjualan vape, cairan rokok elektrik atau e-liquid yang diimpor dari luar negeri juga akan diberikan kode HS sehingga keberadaannya akan diatur. Sedangkan cairan rokok elektrik dari dalam negeri, maka harus mendapat rekomendasi dari Kemenkes dan BPOM.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menngatakan mengonsumsi rokok elektrik sama bahayanya dengan rokok tembakau. Dia meminta penjualan rokok elektrik dilarang atau dibatasi.

“Iya itu saya sudah katakan merusak kesehatan. Saya pesan ke Mendag (Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita) tolong dong itu merusak kesehatan, kan dihisap secara langsung masuk ini malah merusak,” katanya, Selasa (31/10/2017).

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)
Read previous post:
Maju di Pilgub Sulsel, Kakak Angkat Ahok Pilih Putri Bupati Wajo sebagai Pendamping

BPH Migas: Infrastruktur Gas Bumi di Indonesia Timur Belum Maksimal

Danrem 141/Toddopuli Tinjau Lokasi Cetak Sawah Baru di Belawa

Dua Pengedar Sabu di Keera Terciduk Subdit 3 Direktorat Narkoba Polda Sulsel

Close