Home > Headline > Diikuti 12.331 Peserta, Pawai ‘Lipa Sabbe’ di HUT ke-619 Wajo Catat Rekor MURI

Diikuti 12.331 Peserta, Pawai ‘Lipa Sabbe’ di HUT ke-619 Wajo Catat Rekor MURI

Rekor MURI untuk Wajo.

Sengkang, KABARWAJO.com – Di sela-sela pelaksanaan peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) ke-619, Kabupaten Wajo berhasil mencatat rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) melalui pawai mengenakan busana sarung sutera (lipa sabbe) dengan peserta terbanyak, Kamis (29/3/2018).

Manager MURI, Andre Purwandono, mengatakan dari catatan MURI tercatat sebanyak 12.331 peserta yang mengikuti pawai dengan menggunakan sarung khas daerah Wajo tersebut lengkap dengan pakaian adat. Sedangkan usulan sebelummnya hanya 3.000 peserta.

“Pawai ini memecahkan rekor pemakai sarung khas daerah terbanyak dan baru pertama kali digelar di Indonesia. Tak hanya rekor nasional, tetapi ini memecahkan rekor dunia,” kata Andre, di hadapan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru, Wakil Bupati Wajo Andi Syahrir Kube, serta ribuan peserta HJW ke-619 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Sengkang ini.

BACA JUGA :  Razia Minuman Keras, Polsek Maniangpajo Amankan RM
Pawai dengan menggunakan sarung sutera (lipa sabbe) pecahkan rekor MURI.

Sebelumnya, SYL juga disambut dengan penampilan ‘Rapak Gendang’ yang dimainkan 100 pemain gendang lengkap dengan pakaian adat dan sarung sutera. Mereka merupakan siswa SD dan SMP Kecamatan Tempe dan Tanasitolo yang sudah dipersiapkan dan mengikuti latihan selama 1 minggu terakhir.

“Untuk hari Jadi Wajo, kami mengumpulkan siswa-siswa SD dan SMP yang memang sudah punya kemampuan bermain gendang, makanya latihannya butuh 1 minggu,” kata penanggung jawab ‘Rapak Gendang’, Sabir Wahab.

(dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)