Home > Nasional > Sasar 11 Pesantren di Sulsel, Kemendag Gelar Pasar Murah di Ponpes Nurmilad Boarding School

Sasar 11 Pesantren di Sulsel, Kemendag Gelar Pasar Murah di Ponpes Nurmilad Boarding School

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka Pasar Murah Ramadhan di Jakarta. (Foto: kumparan.com)

Makassar, KABARWAJO.com – Kementerian Perdagangan menyelenggarakan kegiatan Pasar Murah Ramadhan di 11 pondok pesantren (Ponpes) dan panti asuhan (PA) di Sulawesi Selatan selama 3 hari, yakni 5-7 Juni 2018.

Khusus di Kabupaten Wajo, pasar murah tersebut dilaksanakan di Pesantren Nurmilad Boarding School, Talagea Desa Lempong, Kecamatan Bola, Selasa (5/6/2018).

“Kemendag mendukung penuh inisiatif sektor swasta yang bekerja sama dengan pondok pesantren dalam menyelenggarakan Pasar Murah Ramadan. Tujuannya agar seluruh keluarga dapat membeli sembako dengan harga lebih terjangkau. Dalam kegiatan ini, keluarga yang membutuhkan dapat membeli paket sembako senilai Rp 100.000 dengan harga Rp 50.000,” ungkap Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Luther Palimbong, dalam keterangan persnya, Rabu (6/6/2018).

Pada pasar murah di Sulawesi Selatan kali ini, Kemendag mempersiapkan 500 paket bahan pokok di setiap titik. Nantinya, hasil penjualan paket akan disumbangkan kembali ke pesantren.

BACA JUGA :  Bungkukkan Badan di HUT PGRI, Jokowi Tunjukkan Rasa Hormatnya pada Guru

“Dengan demikian, selain menyediakan bapok dengan harga terjangkau, pasar murah ini juga memberikan kontribusi untuk pemberdayaan pesantren dan panti asuhan,” jelas Luther.

Kegiatan pasar murah Ramadan ini juga digunakan Kemendag untuk memantau harga bapok di kabupaten dan kota tempat pasar murah diadakan. Sehingga, jika terjadi lonjakan harga atau kelangkaan stok dapat diambil langkah antisipasi. Hingga saat ini, rata-rata harga bapok di seluruh Indonesia terpantau stabil.

“Semua ini bertujuan agar ibu-ibu dapat tersenyum selama bulan puasa dan menjelang Lebaran, serta saudara-saudara umat Muslim dapat semakin khusyuk beribadah tanpa beban pikiran karena kebutuhan bapok dapat dibeli dengan harga terjangkau dan stabil,” pungkas Luther.

Adapun jadwal Pasar Murah Ramadhan Kemendag di Sulawesi Selatan yakni dimulai pada Selasa (5/6/2018) di Ponpes Darul Ulum At-Tahiriyah Paladang, Kabupaten Pinrang dan Pesantren Nurmilad Boarding School, Talagea Desa Lempong, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo.

BACA JUGA :  Kenang KH Hasyim Muzadi, JK: Beliau Berpendirian Teguh dan Moderat

Hari berikutnya Rabu (6/6/2018), Pasar Murah Ramadan digelar di empat titik. Titik-titik tersebut adalah Ponpes Darud Da’wah Wal Irsyad/DDI Mangkoso, Kabupaten Barru; Ponpes Hidayatullah, Kota Pare-Pare; Ponpes DDI As-Salman Allakukang, Kabupaten Sidrap; dan Ponpes Darunnaiem Pesse, Desa Pesse, Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng.

Di hari ketiga, Kamis (7/6/2018) terdapat lima titik Pasar Murah Ramadan. Kelima titik tersebut adalah Ponpes Moderen Tarbiyah, Kabupaten Takalar; Ponpes Darul Arqam, Balebo, Masamba, Kabupaten Luwu Utara; Ponpes Tahfidzul Qur’an, Wadi Mubarak, Kabupaten Sinjai; Panti Ashan Ar-Rahman, Kota Makassar; dan Ponpes Enrekang, Kabupaten Enrekang.

(rls/dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)