Singgung Suku Bugis, JK Sarankan Mahathir Mohamad Minta Maaf

By on 07/11/2017

JK saat menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM). (Foto: Paulus Tandi Bone)

Jakarta, KABARWAJO.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla akhirnya menanggapi terkait pernyataan mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, yang menghina PM Malaysia, Najib Razak, sebagai keturunan bajak laut Bugis.

JK menilai hal itu tidak etis diucapkan seorang publik figur seperti Mahathir dan meminta mantan PM Malaysia tersebut meralat perkataannya.

“Tentu sebagai orang Bugis saya protes juga, terkejut juga, merasa dihubung-hubungkan orang Bugis dengan kriminal, karena itulah maka Pak Mahathir harus minta maaf,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2017).

Pria kelahiran Bone itu menyebut, orang Bugis tak hanya di Sulawesi Selatan dan Indonesia saja. Di Malaysia sendiri, terdapat sekitar dua juta orang Bugis, termasuk warga Malaysia yang merupakan keturunan Bugis.

“Kalau mau gentlemen, (Mahathir Mohamad) harus meralat itu, jangan dihubungkan, kita bisa mengatakan juga, seorang yang berbuat kemudian dihubungkan dengan sukunya, tentunya tidak seperti itu,” tambah JK.

BACA JUGA :  Kenang KH Hasyim Muzadi, JK: Beliau Berpendirian Teguh dan Moderat

Namun, dia menegaskan, perkataan Mahathir tersebut tidak sampai merusak hubungan Indonesia dengan Malaysia.

Sebelumnya, Mahathir dilaporkan karena telah melakukan penghinaan terhadap Suku Bugis usai menyebut PM Najib Razak, mungkin berasal dari keturunan bajak laut Bugis. Bahkan Mahathir dikabarkan meminta Najib kembali ke Bugis.

Pernyataan itu membuat Persatuan Perpaduan Rumpun Bugis Melayu Malaysia (PPRBMM) naik pitam. Protes mereka layangkan kepada Mahathir. Mereka mendesak Mahathir memohon maaf dan menarik balik pernyataannya soal Bugis sebagai lanun.

Menanggapi protes itu, Mahathir membantah keras dirinya menghina keturunan Bugis.

“Saya tak hina orang Bugis, orang Bugis ada yang baik, tapi perampok pun ada juga. Salahkah bilang begitu. Apakah orang Bugis tidak berkata kalangan orang Bugis tak ada perampok, ada,” timpal Mahathir.

BACA JUGA :  Terduga Teroris SM Akui Pernah Ikut Bertempur dengan ISIS di Suriah

(krn/adi) 

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)
Read previous post:
IN PICTURE: Puting Beliung Terjang Desa Lautang, Rp 300 Juta Melayang

Anda Lulus Tes Administrasi PPS di KPU Wajo? Cek di Sini!

Korban Puting Beliung di Belawa Berharap Perhatian Pemerintah

Program Unggulan Kemenpora, Pemkab Wajo Gelar Gala Desa 2017

Close