Home > Daerah > Sulsel Relatif Aman Gempa, tetapi Rawan Cuaca Ekstrem

Sulsel Relatif Aman Gempa, tetapi Rawan Cuaca Ekstrem

BMKG

Makassar, KABARWAJO.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar meminta warga Sulawesi Selatan untuk tidak panik dan mengkhawatirkan dampak dari gempa bumi yang terjadi di Jawa Barat, Jumat (15/12/2017) malam.

Kepala Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Tiswanto, menyebutkan rambatan gempa yang terjadi di Jawa Barat tersebut tidak sampai ke wilayah Sulawesi Selatan.

“Kalaupun terjadi gempa di Sulsel, itu akibat pergeseran lempengan di wilayah Sulawesi Selatan itu sendiri. Di mana, di wilayah Sulawesi Selatan mempunyai satu patahan yang dianggap masih aktif yakni daerah Walanae, wilayah Luwu Raya,” ungkap Tiswanto, di Makassar, Sabtu (16/12/2017).

BACA JUGA :  ACC Sorot Penghentian Penyidikan Dugaan Korupsi di Dinas Pendidikan Wajo

Menurutnya, bencana alam yang patut diwaspadai di Sulawesi Selatan yakni banjir dan cuaca ekstrem. Apalagi saat ini, beberapa daerah di Sulawesi Selatan curah hujan mulai meningkat hingga memasuki puncaknya pada bulan Januari 2018.

“Ada beberapa daerah yang harus waspada soal cuaca ekstrim. Daerah-daerah itu di antaranya Makassar, Toraja, Toraja Utara, dan Enrekang. Khusus Makassar diwaspadai soal banjir. Sedangkan ketiga daerah lainnya itu diwaspadai soal tanah longsor,” tambah Siswanto, kepada kabarmakassar.com.

Dia juga mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat agar tetap menjaga kondisi lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA :  Menteri Sosial Lepas Tim Medis Unhas untuk Misi Kemanusiaan di Asmat

“BMKG selalu update selama 24 jam soal kondisi cuaca di Sulawesi Selatan dan sekitarnya,” ujarnya.

(kabarmakassar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)