Home > News > Wujudkan Pilkada Damai, Arief Suditomo: Media Harus Mencerdaskan, Bukan Mengadu Domba

Wujudkan Pilkada Damai, Arief Suditomo: Media Harus Mencerdaskan, Bukan Mengadu Domba

Anggota Komisi I DPR RI, Arief Suditomo. (Foto: Dok. Pribadi)

Jakarta, KABARWAJO.com – Peran media massa dinilai sangat penting dalam mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang aman dan damai. Pemberitaan media seharusnya tidak boleh memihak serta provokatif.

“Media harus bisa mencerdaskan, bukan mengadu domba,” ungkap Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Arief Suditomo, di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Mantan jurnalis televisi ini pun meyakini awak media yang profesional sudah sangat paham berita seperti apa yang layak atau tidak layak disiarkan.

“Kita sudah mempunyai kanal dan instrumen hukum, seperti Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU Pokok Pers, dan KUHP. Saya rasa itu harus diterapkan sesuai dengan proporsinya dan tidak tebang pilih,” imbuh politisi Partai Hanura ini, seperti dilansir Kantor Berita ANTARA.

BACA JUGA :  Ngopi di Warkop Terminal, NH 'Isyaratkan' Golkar Usung DBR

Arief menambahkan, penegakan hukum dalam pelaksanaan pilkada harus dilaksanakan secara konsisten. Tujuannya mengerem dan meminimalkan terjadinya politisasi serta kampanye hitam melalui media.

Dia juga mengajak semua peserta pilkada serentak 2018 menggunakan cara-cara baik serta damai demi meraih kemenangan, termasuk menjauhi isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

“Penggunaan isu SARA dalam pilkada dan pemilihan umum lalu harus menjadi pelajaran karena ongkosnya sangat mahal, yaitu terjadinya polarisasi sosial, politik, juga perpecahan masyarakat yang sulit direkatkan lagi,” kata Arief.

BACA JUGA :  Tunggu Rekomendasi Partai Nasdem, ASK Dampingi RMS di Sinjai

“Kalau kita menjalankan proses politik yang sehat dan jauh dari unsur SARA, nanti akan menghasilkan investasi yang baik. Karma politik itu jangan pernah dilupakan karena karma politik itu ada,” tandasnya.

(antara/dip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf, tidak bisa di-copy paste! :)